You Are Here : Berita Ashwin Sasongko: Pemda Diharap Optimalkan Pemanfaatan CAP-MCAP
Saturday, 26 July 2014
Ashwin Sasongko: Pemda Diharap Optimalkan Pemanfaatan CAP-MCAP
2011-12-01 oleh: Admin


Dirjen Asplikasi Informatika Kemkominfo Ashwin Sasongko mengatakan, Pemerintah daerah (Pemda) penerima bantuan prototipe Community Access Point (CAP) dan Mobil CAP diharapkan mengoptimalkan bantuan untuk pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat agar melek teknologi yang berdampak pada peningkatan taraf hidup masyarakat. Pengoptimalan itu diantaranya dengan menyediakan SDM yang handal, merawat, menggunakan dan menyediakan fasilitas penunjang, berupa dana operasional pemanfaatan CAP- MCAP. Hal itu dikatakan dalam Serah Terima bantuan CAP-MCAP di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika Jl,Medan Merdeka Barat No. 9 Jakarta Pusat Kamis, (1/12).

Lebih lanjut dikatakan prototipe CAP dan M-CAP ini bertujuan sebagai proyek percontohan fasilitasi perangkat TIK untuk pembelajaran bagi warga masyarakat, dengan menyediakan akses informasi dan pengetahuan berbasis internet yang disesuaikan dengan berbagai kondisi lingkungan dan masyarakat di masing – masing daerah. Prototipe CAP-MCAP diharap menjadi model yang akan di adopsi oleh pemerintah maupun swasta yang berkomitmen terhadap edukasi masyarakat di bidang TIK. Ditahun mendatang pengembangan prototipe community Acess point di juga akan dibuat dengan berbagai pendekatan, misanya untuk daerah perbatasan, kepulauan, masyarakat khusus dan lainnya.

Pemerintah Daerah penerima Program, memiliki kewajiban dan tanggung jawab mengoptimalkan pemanfaatannya. Selanjutnya diharapkan juga Pemerintah Daerah dapat mengadopsi dan mereplikasikan Prototipe CAP dan M-CAP sesuai dengan keperluan dan kemampuan keuangan daerah.”jelasnya.

Pelaksanaan edukasi masyarakat bisa melibatkan Relawan TIK Indonesia yang di inisiasi oleh Direktorat Pemberdayaan Telematika sejak tahun 2008. Relawan TIK Indonesia telah terbentuk di 8 Provinsi dan beberapa Kabupaten/kota dan diharapakan dalam pemanfaatan CAP -MCAP melibatkan para relawan TIK .

***

Sementara itu Direktur Pemberdayaan Informatika Ibu Mariam F Barata dalam sambutanmya mengatakan, Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam rangka melaksanakan Tugas Pokok dan Fungsinya telah melakukan berbagai upaya percepatan akses telekomunikasi dan internet di masyarakat dalam rangka menuju tercapainya masyarakat informasi Indonesia 2015. Program itu antara lain pembangunan maupun fasilitasi perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk menanggulangi kesenjangan digital antara kota dengan desa, daerah terpencil serta kawasan perbatasan.

Seperti kita akan saksikan bersama, penyerahan simbolis ini menjadi sebuah tanda atau wujud ikatan sebagai komitmen bersama Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika – Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, dengan Pemerintah Daerah beserta segenap unsur masyarakat. Komitmen bersama ini dalam kerangka program Millenium Development Goals (MDGs), sebagai upaya menuju peningkatan kecerdasan dan kesejahteraan warga, melalui pemanfaatan TIK.” katanya.

Salah satu realisasi program untuk mendukung komitmen tersebut yang dilaksanakan melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika pada tahun 2011 ini adalah dalam bentuk Penyediaan Prototipe CAP dan M-CAP.

Program CAP dan M-CAP sejak diperkenalkan tahun 2007 sampai dengan tahun 2010 telah terdistribusi ke 166 (seratus enam puluh enam) lokasi, baik di Provinsi / Kabupaten / Kota se Indonesia serta mendapat respon positif dari berbagai pihak. Antusiasme serta respon positif dari Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota yang didukung Akademisi dan berbagai kalangan masyarakat adalah wujud implementasi pendekatan Public Private Partnership dari pelaksanaan Program Pengembangan Aplikasi Informatika di Indonesia.

Tujuan fasilitasi ini adalah guna memperluas jangkauan layanan pemanfaatan TIK, memberikan kesempatan pemerataan pembelajaran e-literasi bagi warga yang belum terjangkau layanan tetap, serta menyebarkan informasi, ilmu, teknologi dan seni budaya secara aktual dalam rangka memperluas cakrawala pengetahuan dan wawasan global. (B3).

 

 

 

Share :