Beranda
Скачать бесплатно шаблоны для Wordpress.
Новые шаблоны DLE 10 на dlepro.ru

Sekretariat Direktorat Jenderal  mempunyai tugas dan fungsi sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor: 17/PER/M.KOMINFO/10/2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Komunikasi dan Informatika pada Pasal 362 yang berbunyi :

Sekretariat Direktorat Jenderal mempunyai tugas melaksanakan pelayanan teknis dan administratif kepada seluruh satuan organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika.

Pasal 363
Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 362, Sekretariat Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan fungsi:
a. koordinasi dan penyusunan rencana, program, dan anggaran, evaluasi dan pelaporan, administrasi bantuan teknik luarnegeri di bidang aplikasi informatika;
b. koordinasi dan pelaksanaan pengolahan data dan pengembangan sistem informasi manajemen di bidang aplikasi informatika;
c. penyiapan telaahan hukum dan penyusunan rancangan peraturan perundang-undangan, pelaksanaan bantuan dan penyuluhan hukum di bidang aplikasi informatika;
d. koordinasi dan pelaksanaan administrasi kerja sama di bidang aplikasi informatika; dan
e. pengelolaan urusan keuangan di lingkungan direktorat jenderal;
f. pelaksanaan urusan administrasi kepegawaian, organisasi, tata laksana, perlengkapan dan rumah tangga, dan tata usaha di lingkungan direktorat jenderal.

Pasal 364
Sekretariat Direktorat Jenderal terdiri atas:
a. Bagian Penyusunan Program dan Pelaporan;
b. Bagian Hukum dan Kerja Sama;
c. Bagian Keuangan; dan
d. Bagian Umum dan Organisasi.

Pasal 365
Bagian Penyusunan Programdan Pelaporan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan koordinasi dan penyusunan rencana, program, anggaran, administrasi bantuan teknik luar negeri,pengolahan data, pengembangan sistem informasi, serta evaluasi dan pelaporan di bidang aplikasi informatika.

Pasal 366
Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 365, Bagian Penyusunan Program dan Laporanmenyelenggarakan fungsi:
a. penyiapan bahan koordinasi dan penyusunan rencana dan program dan anggaran, rencana kerja, rencana kerja anggaran, serta bantuan teknik luar negeri;
b. penyiapan bahan koordinasi dan pengumpulan, pengolahan dan penyajian data dan pengelolaan informasi, serta pengembangan sistem informasi manajemen di bidang aplikasi informatika; dan
c. penyiapan bahan evaluasi dan penyusunan laporan tahunan, berkala, dan akuntabilitas.

Pasal 367
Bagian Penyusunan Program dan Laporan terdiri atas:
a. Subbagian Pengolahan Data;
b. Subbagian Penyusunan Program dan Anggaran; dan
c. Subbagian Evaluasi dan Pelaporan.

Pasal 368
(1) Subbagian Pengolahan Data mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan koordinasi dan pengumpulan, pengolahan, penyajian data, pengelolaan informasi, dan pengembangan sistem informasi manajemen di bidang aplikasi informatika.
(2) Subbagian Penyusunan Program dan Anggaran mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan koordinasi dan penyusunan rencana, program anggaran, rencana kerja, rencana kerja anggaran, serta administrasi bantuan teknik luar negeri di bidang aplikasi informatika.
(3) Subbagian Evaluasi dan Pelaporan mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan evaluasi serta penyusunan laporan tahunan, berkala, dan akuntabilitas di bidang aplikasi informatika.

Pasal 369
Bagian Hukum dan Kerja Sama mempunyai tugas melaksanakan penyiapan koordinasi, telaahan hukum, dan penyusunan rancangan peraturan perundang-undangan, serta pelaksanaan bantuan dan penyuluhan hukum dibidang aplikasi informatika.

Pasal 370
Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 369, Bagian Hukum dan Kerja Sama menyelenggarakan fungsi:
a. penelaahan hukum, bantuan hukum, penyuluhan hukum, dan dokumentasi hukum, serta analisis dan evaluasi peraturan perundang-undangan bidang aplikasi informatika;
b. penyusunan rancangan peraturan perundang-undangan di bidang aplikasi informatika; dan
c. pengadministrasian, pengelolaan dan tata laksana kerjasama dalam dan luar negeri di bidang aplikasi informatika.

Pasal 371
Bagian Hukum dan Kerja Sama terdiri atas:
a. Subbagian Penelaahan dan Bantuan Hukum;
b. Subbagian Penyusunan Rancangan Peraturan; dan
c. Subbagian Kerja Sama.

Pasal 372
(1) Subbagian Penelaahan dan Bantuan Hukum mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan koordinasi, telaahan hukum, bantuan hukum, penyuluhan hukum, dan pelaksanaan dokumentasi hukum, serta analisis dan evaluasi di bidang aplikasi informatika
(2) Subbagian Penyusunan Rancangan Peraturan mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan koordinasi dan penyusunan rancangan peraturan perundang-undangan di bidang aplikasi informatika.
(3) Subbagian Kerja Sama mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan koordinasi administrasi kerja sama dalam dan luar negeri di bidang aplikasi informatika.

Pasal 373
Bagian Keuangan mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan urusan keuangan di lingkungan direktorat jenderal.

Pasal 374
Dalam melaksanakan tugassebagaimana dimaksud dalam Pasal 373, Bagian Keuangan menyelenggarakan fungsi:
a. pengelolaan pelaksanaan anggaran;
b. pelaksanaan urusan pembukuan, verifikasi dan perhitungan anggaran; dan
c. pelaksanaan urusan tata usaha keuangan, perbendaharaan, serta penyiapan bahan penyusunan laporan keuangan.

Pasal 375
Bagian Keuangan terdiri atas:
a. Subbagian Pelaksanaan Anggaran;
b. Subbagian Verifikasi; dan
c. Subbagian Perbendaharaan.

Pasal 376
(1) Subbagian Pelaksanaan Anggaran mempunyai tugas melakukan pengelolaan pelaksanaan dan pemantauan anggaran di lingkungan di
rektorat jenderal.
(2) Subbagian Verifikasi mempunyai tugasmelakukan urusan pembukuan, verifikasi dan perhitungan anggaran di lingkungan direktorat jenderal.
(3) Subbagian Perbendaharaan mempunyai tugas melakukan urusan tata usaha keuangan dan perbendaharaan serta penyiapan bahan laporan keuangan di lingkungan direktorat jenderal.

Pasal 377
Bagian Umum dan Organisasi mempunyai tugas melaksanakan urusan, administrasi kepegawaian, organisasi dan tata laksana, perlengkapan dan rumah tangga, dan tata usaha di lingkungan direktorat jenderal.

Pasal 378
Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 377, Bagian Umum menyelenggarakan fungsi:
a. pelaksanaan urusan administrasi kepegawaian, evaluasi kinerja, penataan organisasi dan ketatalaksanaan di lingkungan direktorat jenderal;
b. pelaksanaan urusan perlengkapan dan rumah tangga lingkungan direktorat jenderal; dan
c. pelaksanaan urusan tata usaha, kesekretariatan, dan keprotokolan di lingkungan direktorat jenderal.

Pasal 379
Bagian Umum dan Organisasi terdiri atas:
a. Subbagian Kepegawaian dan Organisasi;
b. Subbagian Perlengkapan dan Rumah Tangga; dan
c. Subbagian Tata Usaha.

Pasal 380
(1) Subbagian Kepegawaian dan Organisasi mempunyai tugas melakukan urusan administrasi kepegawaian, evaluasi kinerja, penataan organisasi dan tata laksana di lingkungan direktorat jenderal.
(2) Subbagian Perlengkapan dan Rumah Tangga mempunyai tugas melakukan penyiapan urusan administrasi pengadaan, penyimpanan, dan distribusi perlengkapan dan rumah tangga di lingkungan direktorat jenderal.
(3) Subbagian Tata Usaha mempunyai tugas melakukan urusan ketatausahaan, kesekretariatan, keprotokolan, persuratan, pengarsipan dan penggandaan di lingkungan direktorat jenderal.

Keterangan foto :

(tengah)

1. Sekretaris Ditjen Aptika, Ibu Mariam F. Barata

(dari kiri ke kanan)

2. Kepala Bagian Penyusunan Program dan Laporan, Bapak M. Hatta

3. Kepala Bagian Hukum dan Kerjasama, Bapak Anthonius Malau

4. Kepala Bagian Keuangan, Bapak Eko Bakti Candra Jaya

5. Kepala Bagian Umum, Bapak Siswoko