Beranda
Скачать бесплатно шаблоны для Wordpress.
Новые шаблоны DLE 10 на dlepro.ru

 

Direktorat Pemberdayaan Informatika mempunyai tugas dan fungsi sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Komunikasi dan Informatika pada Pasal 436 yang berbunyi : 

Direktorat Pemberdayaan Informatika mempunyai tugas melaksanakan perumusan dan pelaksanan kebijakan, pemantauan, serta evaluasi dan pelaporan di bidang penatakelolaan pemberdayaan informatika.

Pasal 437
Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 436, Direktorat Pemberdayaan Informatika menyelenggarakan fungsi:
a. penyiapan perumusan kebijakan di bidang tata kelola pemberdayaan informatika, pemberdayaan teknologi dan infrastruktur informatika, pemberdayaan aplikasi dan konten, peningkatan kapasitas teknologi informasi dan komunikasi;
b. penyiapan pelaksanaan kebijakan di bidang tata kelola pemberdayaan informatika, pemberdayaan teknologi dan infrastruktur informatika, pemberdayaan aplikasi dan Konten, peningkatan kapasitas teknologi Informasi dan Komunikasi;
c. pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang tata kelola pemberdayaan informatika, pemberdayaan teknologi dan infrastruktur informatika, pemberdayaan aplikasi dan konten, peningkatan kapasitas teknologi informasi dan komunikasi; dan
d. pelaksanaan urusan tata usaha dan rumah tangga direktorat.

Pasal 438
Direktorat Pemberdayaan Informatika terdiri atas:
a. Subdirektorat Tata Kelola Pemberdayaan Informatika;
b. Subdirektorat Pemberdayaan Teknologi dan Infrastruktur Informatika;
c. Subdirektorat Pemberdayaan Aplikasi dan Konten;
d. Subdirektorat Peningkatan Kapasitas Teknologi Informasi dan Komunikasi; dan
e. Subbagian Tata Usaha.

Pasal 439
Subdirektorat Tata Kelola Pemberdayaan Informatika mempunyai tugas melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang tata kelola pemberdayaan informatika. 

Pasal 440
Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 439, Subdirektorat Tata Kelola Pemberdayaan Informatika menyelenggarakan fungsi:
a. penyiapan bahan perumusan kebijakan di bidang kebijakan pemberdayaan informatika dan kemitraan informatika masyarakat serta penyiapan agen perubahan dan relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi;
b. penyiapan bahan pelaksanaan kebijakan di bidang kebijakan pemberdayaan informatika dan kemitraan informatika masyarakat serta penyiapan agen perubahan dan relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi; dan
c. pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang kebijakan pemberdayaan informatika dan kemitraan informatika masyarakat serta penyiapan agen perubahan dan relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Pasal 441
Subdirektorat Tata Kelola Pemberdayaan Informatika terdiri atas:
a. Seksi Kebijakan Pemberdayaan Informatika; dan
b. Seksi Kemitraan Informatika Masyarakat.

Pasal 442
(1) Seksi Kebijakan Pemberdayaan Informatika mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang kebijakan pemberdayaan informatika.
(2) Seksi Kemitraan Informatika Masyarakat mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, pendampingan serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang kemitraan informatika masyarakat dan penyiapan agen perubahan dan relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Pasal 443
Subdirektorat Pemberdayaan Teknologi dan Infrastruktur Informatika mempunyai tugas melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pemberdayaan teknologi dan infrastruktur informatika.

Pasal 444
Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 443, Subdirektorat Pemberdayaan Teknologi dan Infrastruktur Informatika menyelenggarakan fungsi:
a. penyiapan bahan perumusan kebijakan di bidang perancangan dan penerapan pemberdayaan teknologi dan infrastruktur informatika;
b. penyiapan bahan pelaksanaan kebijakan di bidang perancangan dan penerapan pemberdayaan teknologi dan infrastruktur informatika; dan
c. pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang perancangan dan penerapan pemberdayaan teknologi dan infrastruktur informatika.

Pasal 445
Subdirektorat Pemberdayaan Teknologi dan Infrastruktur Informatika terdiri atas:
a. Seksi Perancangan Pemberdayaan Teknologi dan Infrastruktur Informatika; dan
b. Seksi Penerapan Pemberdayaan Teknologi dan Infrastruktur Informatika.

Pasal 446
(1) Seksi Perancangan Pemberdayaan Teknologi dan Infrastruktur Informatika mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang perancangan pemberdayaan teknologi dan infrastruktur informatika.
(2) Seksi Penerapan Pemberdayaan Teknologi dan Infrastruktur Informatika mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang penerapan pemberdayaan teknologi dan infrastruktur informatika.

Pasal 447
Subdirektorat Pemberdayaan Aplikasi dan Konten mempunyai tugas melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pemberdayaan aplikasi dan konten.

Pasal 448
Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 447, Subdirektorat Pemberdayaan Aplikasi dan Konten menyelenggarakan fungsi:
a. penyiapan bahan perumusan kebijakan di bidang perancangan dan penerapan pemberdayaan aplikasi dan konten;
b. penyiapan bahan pelaksanaan kebijakan di bidang perancangan dan penerapan pemberdayaan aplikasi dan konten; dan
c. pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang perancangan dan penerapan pemberdayaan aplikasi dan konten.

Pasal 449
Subdirektorat Pemberdayaan Aplikasi dan Konten terdiri atas :
a. Seksi Perancangan Pemberdayaan Aplikasi dan Konten; dan
b. Seksi Penerapan Pemberdayaan Aplikasi dan Konten.

Pasal 450
(1) Seksi Perancangan Pemberdayaan Aplikasi dan Konten mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang perancangan pemberdayaan aplikasi dan konten.
(2) Seksi Penerapan Pemberdayaan Aplikasi dan Konten mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, pendampingan serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang penerapan pemberdayaan aplikasi dan konten informatika.

Pasal 451
Subdirektorat Peningkatan Kapasitas Teknologi Informasi dan Komunikasi mempunyai tugas melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang peningkatan kapasitas teknologi informasi dan komunikasi.

Pasal 452
Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 451, Subdirektorat Peningkatan Kapasitas Teknologi Informasi dan Komunikasi menyelenggarakan fungsi:
a. penyiapan bahan perumusan kebijakan di bidang perancangan dan penerapan peningkatan kapasitas teknologi informasi dan komunikasi;
b. penyiapan bahan pelaksanaan kebijakan di bidang perancangan dan penerapan peningkatan kapasitas teknologi informasi dan komunikasi; dan
c. pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang perancangan dan penerapan peningkatan kapasitas teknologi informasi dan komunikasi.

Pasal 453
Subdirektorat Peningkatan Kapasitas Teknologi Informasi dan Komunikasi terdiri atas:
a. Seksi Perancangan Peningkatan Kapasitas Teknologi Informasi dan Komunikasi; dan
b. Seksi Penerapan Peningkatan Kapasitas Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Pasal 454
(1) Seksi Perancangan Peningkatan Kapasitas Teknologi Informasi dan Komunikasi mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang perancangan peningkatan kapasitas teknologi informasi dan komunikasi
(2) Seksi Penerapan Peningkatan Kapasitas Teknologi Informasi dan Komunikasi mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, pendampingan serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang penerapan peningkatan kapasitas teknologi informasi dan komunikasi dan penyelenggaraan ajang inovasi dan kreatifitas masyarakat.

Pasal 455
Subbagian Tata Usaha mempunyai tugas melakukan urusan penyusunan rencana program dan anggaran, pengelolaan barang milik negara, urusan kepegawaian, dan kearsipan serta kerumahtanggaan direktorat.

 

Keterangan foto :

(tengah)

1.  Direktur Pemberdayaan Informatika, Ibu Septriana Tangkary

(dari kiri ke kanan)

2.  Kepala Subdirektorat Pemberdayaan Informatika Masyarakat Perdesaan, Bapak Kasan;

3.  Kepala Subdirektorat Pemberdayaan Informatika Masyarakat Perbatasan dan Pulau Terluar, Ibu Roch Indari Suprihutami;

4.  Kepala Subdirektorat Pemberdayaan Informatika Masyarakat Khusus, Bapak Harry Hartono;

5.  Kepala Subdirektorat Pemberdayaan Informatika Masyarakat Perkotaan, Bapak Bonifasius Wahyu Pudjianto.

BERITA TERBARU

Berita

PANDAWA CARE, APLIKASI PERLINDUNGAN KELUARGA DAN ANAK

29-04-2016
Jakarta – Bertempat di Ruang Laksda TNI Boediharjo, Kementerian Komunikasi dan Informatika (28/04), berlangsung rapat yang membahas Aplikasi Pandawa Care yang telah dikembangkan dan diluncurkan...
Berita

DISKUSI PUBLIK REVISI UU ITE : WACANA PENGHAPUSAN PASAL KETENTUAN PIDANA PENCEMARAN NAMA BAIK VIA SISTEM ELEKTRONIK

28-04-2016
Solo -  Bertempat di LPPM UNS Solo berlangsung Diskusi Publik membahas materi revisi UU ITE (25/4). Diskusi ini dihadiri sekitar 100 orang peserta yang terdiri atas para Netizen, Blogger, Akademisi...
Berita

Kominfo mendukung GAME FESTIVAL IN.GAME 2016

28-04-2016
Yogyakarta - IN. GAME (Indonesia Indie Game) merupakan festival game lokal yang tahun 2016 ini digelar di Yogyakarta 20 s.d 24 April 2016 bertempat di Sekolah Tinggi Multi Media MMTC Yogyakarta,...
Berita

PELUNCURAN PROGRAM SEJUTA DOMAIN .ID

07-04-2016
  Bandung - Direktur e-Business, Ditjen Aplikasi Informatika, Kementerian Kominfo, Azhar Hasyim, meresmikan peluncuran Program Sejuta Domain .id secara simbolis melalui penyerahan sertifikat kepada...
Berita

RAPAT PROGRAM KERJA 2017 & PELEPASAN PEJABAT ESELON 1 DITJEN APTIKA

01-04-2016
  Jakarta – Ditjen Aplikasi Informatika (Aptika) menyelenggarakan Rapat Program Kerja Tahun 2017 di Hotel Red Top Pecenongan, Jakarta Pusat (31/3). Sekretaris Ditjen Aptika, Mariam F Barata...
Berita

PEREMPUAN INDONESIA TERKONEKSI INTERNET

18-03-2016
  Jakarta – Sebagai bagian dari GSMA Global Commitment dan untuk mendukung inisiatif GSMA Connected Women, Indosat Ooredoo menyelenggarakan serangkaian kampanye terkait Women Connected to Mobile...
Berita

2 MILYAR UNTUK PENGEMBANGAN KOMPETENSI SDM KOMINFO

19-02-2016
Ciputat  - Guna menunjang pengembangan kompentesi ASN Kementerian Kominfo, Biro Kepegawaian dan Organisasi menyediakan anggaran sebesar 2 milyar rupiah untuk pengembangan kompetensi SDM atau...
Berita

BIMTEK PENGISIAN PAJAK ONLINE DI LINGKUNGAN DITJEN APLIKASI INFORMATIKA

10-02-2016
  Ciputat - Dalam rangka merubah mind-set dan meningkatkan pemahaman wajib pajak, Ditjen Aplikasi Informatika, Kementerian Kominfo mengadakan Bimbingan Teknis Pengisian Pajak Online di BPRTIK,...
Berita

MEMATANGKAN KONSEP TEKNIS DAN STANDAR KURIKULUM CODING TINGKAT SMK

03-02-2016
  Jakarta - Menindaklanjuti pencanangan Menteri kominfo di berbagai media sosial untuk memasukkan kurikulum Coding di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Direktorat Jenderal  Aplikasi...
Berita

DIGITAL GAME INDUSTRI BERPOTENSI BESAR MENJADI MOTOR KONTRIBUSI EKONOMI INDONESIA

19-01-2016
  Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, melaksanakan diskusi rencana pengembangan industri game Indonesia bersama Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif dan para pelaku...

PANDAWA CARE, APLIKASI PERLINDUNGAN KELUARGA DAN ANAK

DISKUSI PUBLIK REVISI UU ITE : WACANA PENGHAPUSAN PASAL KETENTUAN PIDANA PENCEMARAN NAMA BAIK VIA SISTEM ELEKTRONIK

Kominfo mendukung GAME FESTIVAL IN.GAME 2016

PELUNCURAN PROGRAM SEJUTA DOMAIN .ID

RAPAT PROGRAM KERJA 2017 & PELEPASAN PEJABAT ESELON 1 DITJEN APTIKA

PEREMPUAN INDONESIA TERKONEKSI INTERNET

2 MILYAR UNTUK PENGEMBANGAN KOMPETENSI SDM KOMINFO

BIMTEK PENGISIAN PAJAK ONLINE DI LINGKUNGAN DITJEN APLIKASI INFORMATIKA

MEMATANGKAN KONSEP TEKNIS DAN STANDAR KURIKULUM CODING TINGKAT SMK

DIGITAL GAME INDUSTRI BERPOTENSI BESAR MENJADI MOTOR KONTRIBUSI EKONOMI INDONESIA

Forum Diskusi Teleconference dengan The Geneva Internet Platform (GIP)
Menkominfo Rudiantara dalam Forum Diskusi Teleconference dengan The Geneva Internet Platform (GIP) di Ruang Serbaguna Kominfo, 23 Februari 2016
The Genewa Internet Platform (GIP) Hub Jakarta
Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa, Hendri Subiakto dalam The Genewa Internet Platform (GIP), 29 Maret 2016, di Sekretariat APJII, Jakarta
Echelon Indonesia 2016
Ditjen Aplikasi Informatika ikut berpartisipasi dalam Echelon Indonesia 2016 di Balai Kartini, 5-6 April 2016
Game Developer Gathering Prime
Pelaku Industri Garena Mengunjungi Booth Kominfo GDG Prime 07112015 - Terkait RPM Klasifikasi Permainan Interaktif Elektronik
Game Developer Gathering Prime
Pengujung Booth Kominfo GDG Prime 07112015 -Terkait Program Kerja Dit PII
Game Developer Gathering Prime
Pengujung Booth Kominfo GDG Prime 07112015 -Terkait Program Klip OS
Game Developer Gathering Prime
Pengunjung Booth Kominfo GDG Prime 07112015 - Terkait Game Tenant Hasil Inkubator PII
Game Developer Gathering Prime
Pengunjung Booth Kominfo GDG Prime 07112015 Terkait Program Kerja Dit PII
Game Developer Gathering Prime
Penutupan GDG Prime - Gaya Bebas 07112015
Game Developer Gathering Prime
Press Conference GDG Prime 07112015
IGF 2015
Delegasi RI
UU ITE
Bimtek penegakan hukum UU ITE
Ayo Kerja
Pembinaan Pegawai Ditjen Aplikasi Informatika
Rakor Aptika 2015
Koordinasi dan Sinkronisasi Program Kerja

My Twitter Updates